Oleh: nur ridjantoro | Maret 14, 2008

Awal

Awal

Sebuah kata sederhana yang harus dilalui setiap orang untuk melakukan sesuatu. Ada yang akan mengawali sesuatu dengan mudah dan ada yang akan mengawali sesuatu dengan sulit. Anehnya tidak selalu sesuatu yang sulit akan sulit juga memulainya dan sebaliknya tidak selalu yang mudah akan mudah juga untuk memulainya.

Inilah blog pertama kali yang saya buat untuk memulai menulis dalam sebuah blog. Banyak yang akan saya tulis di sini. Namun yang paling mendorong untuk saya tulis tentang sesuatu yang sudah hilang yang dulu pernah ada ataupun yang akan punah dan jarang dilihat. Yang hilang saya lebih menekankan pada lingkungan dan yang akan punah lebih pada permainan tradisional. Mungkin ada juga tulisan yang berhubungan dangan pekerjaan saya dan studi yang sedang saya jalani saat ini.

Saya bersyukur saat saya kecil dulu lingkungan tempat saya tinggal memiliki fasilitas bermain alami yang sangat menyehatkan dan memberikan banyak pelajaran, saat ini untuk mendapatkan hal demikian banyak orang tua yang harus mengeluarkan dana dan menuju ke daerah yang cukup jauh untuk mendapatkan hal ini bagi putra-putrinya. Saya tinggal di sebuah kota kecil di sekitar bandung yang sebelum tahun 1990-an memiliki banyak sawah dan kolam ikan. Hampir setiap hari kami bermain di sawah atau di kolam ikan. Tanpa harus diajari kami paham bagaimana petani membuat bibit padi mengolah lahan sawah hingga menanam dan memanen padi. Semua itu hanya dengan seringnya melihat apa yang mereka lakukan. Kami juga paham bagaimana cara menangkap ikan Mas, gurame atau mujair, walaupun kadang prakteknya tidak semudah yang saya pahami.

Untuk permainan tradisonal ternyata baru saya pahami saat ini bahwa permainan yang dulu sering kami lakukan seluruhnya memanfaatkan apa yang ada di alam. Kalaupun ada yang dibuat pabrik atau harus dibeli tidak lebih dari gambar kecil berupa kartu, mainan plastik sering disebut dakocan dan kelereng.

Ada juga buah-buahan yang dulu saya pernah saya temui sekarang jarang sekali saya lihat atau malah sudah belasan tahun tidak pernah saya lihat lagi.

Akhir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: